Tips cara memahami soal matematika



Memahami soal atau masalah matematika tidak cukup hanya dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan saja. Lebih jauh dari itu, dalam memahami soal matematika kita juga mencari informasi tersembunyi yang mungkin ada pada soal sehingga dapat menjadi petunjuk untuk menemukan jawaban, atau membuang atau mengabaikan informasi pada soal yang tidak berkaitan dan tidak bermanfaat untuk menemukan jawaban.

 

Secara garis besar ada 4 tips yang dapat kita jadikan panduan dalam memahami soal.

  1. Adakah istilah penting atau asing pada soal sehingga perlu dicari tahu artinya atau dibedakan maknanya?
  2. Tuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan
  3. Apakah informasi dari apa yang diketahui dan ditanyakan cukup untuk menemukan jawaban? Jika tidak coba temukan informasi tersembunyi yang mungkin bisa digunakan sebagai petunjuk tambahan untuk menyelesaikan soal
  4. Kaitkan ilmu atau materi dasar yang telah kita pelajari untuk menemukan jalan menuju penyelesaian soal

Bagaimana penerapannya?

Berikut ini contoh cara memahami soal dengan tips-tips yang telah diuraikan di atas.

1. Contoh soal verbal yang memuat kata/istilah penting atau asing

Berapa banyak bilangan palindrome yang nilainya kurang dari 100?
Pada soal di atas, ada istilah asing yaitu bilangan palindrome yang mungkin tidak semua pembaca soal mengerti maksud dan artinya. Tetapi biasanya penulis soal yang baik akan memberikan keterangan untuk menjelaskan maksud dari kata-kata asing pada soal. Namun pada beberapa kasus tidak demikian. Maksud dari bilangan palindrome adalah bilangan yang jika dibaca dari kiri maupun kanan mempunyai nilai yang sama. Maka yang termasuk bilangan palindrome kurang dari 100 adalah 11, 22, 33, dan seterusnya sampai 99. Jadi maksud pada soal di atas adalah menemukan berapa banyaknya bilangan palindrome yang kurang dari 100.

2. Contoh soal nonverbal yang memuat istilah asing

Pada soal di atas ada istilah asing yang mungkin tidak semua pembaca mengerti maksudnya, yaitu titik tiga “...” di antara bilangan 3 dan bilangan 99.

Titik tiga ini sangat berbeda maknanya dengan titik tiga setelah tanda sama dengan “=”. Saya teringat dulu ketika masih SMP pernah mendapatkan soal yang memuat istilah asing seperti ini. Pada waktu itu saya belum mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dari titik tiga itu. Saya mengira titik tiga itu artinya kita disuruh melengkapi jawaban di situ dengan bilangan yang tepat. Padahal maksud sebenarnya bukan demikian. Titik tiga di antara bilangan 3 dan 99 itu adalah melanjutkan proses penjumlahan setelah bilangan 3 dengan bilangan 4, 5, 6, 7, 8, dan seterusnya sampai bilangan 99. 

Nah jika kita tidak mengetahui istilah titik tiga yang dimaksud pada soal ini maka kita tidak akan bisa menjawabnya dengan benar.

3. Contoh soal yang memuat informasi tersembunyi

Rata-rata lima bilangan bulat positif adalah 84 sedangkan rata-rata tiga bilangan diantaranya adalah 83. Berapakah rata-rata dua bilangan yang lain?
Tips:
Kalimat dan kata-kata pada soal di atas sudah cukup jelas dan tidak ada yang asing. Namun ada kata rata-rata yang di situ memuat infomasi tersembunyi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal.
Maksudnya begini, rata-rata itu diperoleh dari menjumlahkan semua bilangan dibagi dengan banyaknya bilangan. Nah, artinya jumlah dari bilangan itu adalah nilai rata-ratanya dikali dengan banyaknya bilangan. Jadi “Jumlah bilangan” pada soal ini adalah informasi tersembunyi ini yang sangat berguna untuk menyelesaikan soal. Kita akan kesulitan menemukan rata-rata dari dua bilangan yang lain jika tidak mengetahui jumlah dari bilangan-bilangan itu. Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat pada tips dalam proses menyelesaikan masalah.

4. Cara mengaitkan soal dengan materi dasar yang telah dipelajari

Pada contoh poin 3 di atas, materi dasar yang digunakan untuk menyelesaikan soal adalah materi rata-rata. Kemudian yang perlu kita ingat adalah bahwa rumus rata-rata adalah
Jumlah semua data dibagi banyak data.
Nah jika kita sudah mengetahui materi dasar yang diperlukan, kita dapat menggunakannya untuk menyelesaikan soal.

0 Response to "Tips cara memahami soal matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel