Gunakan trik ini!! Proses perkalian bilangan 2 angka jauh lebih cepat. Ayo buktikan sendiri!!

Setelah sekian tahun mendalami kuliah di jurusan pendidikan matematika, dan bahkan sudah lulus malah, baru kali saya mendapati rumus penyederhanaan perkalian yang ternyata jauh lebih cepat mendapatkan hasil dari cara yang biasa dilakukan.

Berikut ini gambar perbedaan proses perkalian dengan menggunakan cara biasa dan cara baru yang lebih ringkas.
Trik perkalian cepat 2 angka
Masih ingatkah Anda bagaimana guru kita dulu mengajarkan untuk mengalikan 23x27 dengan cara bersusun ke bawah?

Langkah pertama yang kita lakukan adalah mengalikan 3 dengan 7 terlebih dahulu dan didapatkan hasil 21, lalu ditulis 1 dan 2 disimpan (ditulis kecil di atas angka 2 pada 23). Selanjutnya mengalikan 7 dan 2 mendapatkan hasil 14 dan ditambahkan yang disimpan tadi 2 sehingga jadi 16. Kemudian 16 di tulis di sebelah kiri angka 1 pada hasil. Didapatlah pada baris pertama hasilnya 162.

Selanjutnya mengalikan 2 dengan 3 hasilnya 6 dan di tulis pada baris kedua agak bergeser ke kiri 1 langkah, kemudian mengalikan 2 dengan 2 menghasilkan 4 dan ditulis di sebelah kiri angka 2 pada baris kedua. Langkah terakhir menjumlahkan hasil pada baris pertama dan baris kedua dan didapatkanlah hasil perkalian dari 23x27=621.

Cara di atas adalah prosedur dasar perkalian bilangan 2 angka yang diberikan guru sekolah dasar ke kita. Untuk tahap pemula, cara ini memang perlu diberikan untuk mengetahui proses demi proses perkalian yang benar. Namun jika proses itu sudah lancar dilakukan, maka tidak ada salahnya meningkatkan kemampuan kita dengan cara jauh yang lebih ringkas dan cepat.

Sebenarnya secara umum prosesnya tidak  berbeda sama sekali. Loh, bagaimana bisa lebih cepat kalau begitu? Nah ini dia, secara teknis ada dua langkah yang bisa kita potong.  Sehingga proses perhitungannya bisa lebih cepat dari cara biasa.

Nah untuk mengalikan bilangan 23x27 dengan cara yang lebih cepat bisa kita lakukan sebagai berikut.
Trik perkalian cepat, perkalian 2-angka cepat
  • Pertama kalikan 7 dan 3 menghasilkan 21 lalu tulis angka 1 di bagian hasil pada posisi satuan (paling kanan) dan angka 2 disimpan (tulis di atas angka 2 pada 23 untuk nanti ditambahkan pada proses selanjutnya).
  • Kedua, kalikan 7 dan 2 menghasilkan 14, tambahkan dengan hasil perkalian 2 dan 3 menjadi 14+6=20 lalu tambahkan dengan bilangan yang disimpan tadi menjadi 14+6+2=22. Karena hasilnya lebih dari 10 maka 2 satuan ditulis dan 2 puluhan disimpan. Angka 2 yang ditulis diletakkan di sebelah kiri angka 1 pada hasil dan angka 2 yang disimpan ditulis di atas.
  • Ketiga, kalikan 2 dengan 2 dan tambahkan dengan bilangan yang disimpan, menjadi 2x2+2=6. Tulis dan tulis di sebelah kiri pada hasil.
  • Maka hasil akhir menjadi 621.

Nah ternyata lebih simpel dan lebih cepat kan? Perbedaan cara baru dengan cara lama terletak pada langkah kedua. Pada cara baru, hasil perkalian 2 dengan 7 dan 2 dengan 3 dilakukan sekaligus, sedangkan pada cara lama proses ini dilakukan satu per satu dan ditulis juga satu per satu baru kemudian dijumlahkan hasilnya pada baris pertama dan kedua.

Mengapa langkah kedua ini kita lakukan sekaligus? Karena ini memungkinkan untuk dilakukan dan juga tidak terlalu memberatkan. Kita hanya mengalikan 7x2=14 lalu menjumlahkan dengan 2x3=6 dan bilangan yang disimpan tadi, sehingga menjadi 14+6+2=22. Nah dengan langkah ini kita sudah menghemat 2 langkah yang biasa kita lakukan pada cara lama sehingga kita bisa mendapatkan hasil perkalian bilangan 2 angka dengan waktu yang lebih singkat.

Jangan lupa share juga trik ini ke siswa-siswa yang membutuhkan ya. Semoga jadi ilmu yang bermanfaat.

0 Response to "Gunakan trik ini!! Proses perkalian bilangan 2 angka jauh lebih cepat. Ayo buktikan sendiri!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel