Strategi Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika #4 Membuat Diagram/Gambar

Strategi membuat gambar/diagram adalah strategi yang dilakukan dengan cara membuat sketsa, gambar atau diagram. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam memahami masalah dan mendapatkan gambaran umum penyelesaiannya. Dengan membuat gambar/diagram maka hal-hal yang tidak diketahui tidak hanya dibayangkan di kepala saja tetapi juga dituangkan di atas kertas. Sebagaimana kata pepatah “A picture says a thousand words”.

Gambar atau diagram yang akan dibuat adalah sketsa sederhana yang dapat dibuat dengan cepat, tidak perlu terlalu “bagus” tetapi bisa mewakili semua informasi yang ada pada soal. Beberapa siswa terkadang mengeluhkan sulitnya membuat gambar karena mereka menganggap bahwa membuat gambar di sini harus dilakukan dengan bagus dan hati-hati sehingga memakan waktu yang sangat lama.

Kapan strategi Membuat Gambar diperlukan?

Strategi membuat gambar kebanyakan digunakan pada soal-soal geometri, namun tidak terbatas hanya untuk soal-soal geometri saja, soal-soal lain selain geometri juga terkadang membutuhkan strategi ini. Strategi membuat gambar sangat tepat dilakukan jika:
1. Melibatkan physical situation (situasi fisik)
2. Melibatkan gambar geometri atau pengukuran
3. Kita ingin mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang soal
4. Memungkinkan untuk membuat ilustrasi secara visual

Bagaimana Cara Membuat Gambar/Diagram dari Soal?

Membuat gambar, sketsa, atau diagram berarti menerjemahkan informasi-informasi pada soal ke dalam bentuk visual. Langkah ini dapat dimulai dari kerangka gambar secara umum kemudian melengkapi detail gambar yang lebih rinci sesuai dengan informasi yang diberikan pada soal.

Contoh Soal 1:
Erik dan teman sekelasnya sedang antri di depan pintu kelas. Jika di depan Erik ada 4 orang dan di belakangnya ada 6 orang, berapa banyak siswa yang sedang antri tersebut?

Jawab:
Untuk membuat gambar/ilustrasi dari soal di atas, maka langkah pertama adalah menentukan kata kuncinya terlebih dahulu, yaitu: antri (barisan), Erik, 4 orang di depan, 6 orang di belakang.
Nah setelah kata kunci ditetapkan, selanjutnya adalah membuat bentuk gambar atau ilustrasinya satu per satu.

  • Karena sedang antri di depan kelas, maka ilustrasinya bisa kita buat sebagai garis lurus
  • Kemudian menetapkan posisi Erik dengan menandai titik dan memberi kodenya, misalnya E
  • 4 orang di depan Erik berarti menambahkan 4 titik di depan E dan memberi kode, misalnya D1, D2, D3, dan D4.
  • 6 orang di belakang Erik berarti menambahkan 6 titik dan memberi kode B1, B2, B3, B4, B5, dan B6.

Setelah melakukan empat langkah di atas maka terlihat seperti gambar berikut ini

Strategi Soal Olimpiade Membuat Gambar
 Setelah gambar selesai dibuat, maka terlihat dengan jelas bahwa pada antrian terdapat 4+1+6=10  orang. Jadi banyak siswa yang sedang antri adalah 11 orang.

Contoh Soal 2:
Seorang pekerja hotel memasang tiang-tiang lampu di sepanjang jalan menuju hotel. Jika jarak antara tiang lampu pertama dan lampu terakhir adalah 400 meter dan jarak antara dua tiang lampu berdekatan adalah 40 meter, berapakah bayak tiang lampu yang dipasang?

Jawab:
Kata kunci : Jarak lampu pertama dan terakhir = 400 m, jarak 2 tiang berdekatan = 40 m
Dari kata kunci di atas kita dapat membuat gambar dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buat garis lurus kemudian di kedua ujungnya ditandai sebagai tiang lampu pertama (T1) dan tiang lampu terakhir (T.Akir), dan jaraknya 400 meter
  • Buat jarak 40 m dari T1 dan tandai dengan titik, lakukan lagi hingga jarak 400 m (10 kali 40 m), yaitu jarak 40 m dari T. Akhir
  • Beri kode T2, T3, dan seterusnya hingga T10 pada titik-titik yang ditandai pada langkah sebelumnya.

Strategi Menyelesaikan Soal olimpiade matematika membuat gambar
 Setelah semua telah diberi kode, maka tinggal menghitung banyaknya tiang lampu dari tiang pertama (T1) sampai tiang lampu terakhir (T. Akhir)
Jadi banyak semua tiang lampu yang dipasang adalah 11.
Catatan: Jika kita tidak membuat gambar ilustrasinya,  kemungkinan besar kita akan menjawab 10 tiang lampu yaitu dari 400 dibagi 40. Padahal semua tiang lampu ada 11, bukan 10. Inilah pentingnya membuat gambar ilustrasi dari soal.

0 Response to "Strategi Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika #4 Membuat Diagram/Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel